- Impian diri seorang wirausaha
Impian diri
seorang wirausaha tak lain adalah menjadi wirausaha yang lebih maju lagi dari
yang sekarang mereka peroleh dengan sikap pantang menyerah, kerja keras, serta tekad
bahwa apa yang di jalani mampu membawa manfaat dengan menciptakan lowongan
pekerjaan.
Itu semua
terbukti dengan tercapainya omzet yang mereka dapat perbulannya itu semua
bermula dari usaha dan keyakinan bahwa mereka mampu menjadi wirausaha yang
lebih sukses lagi.
- Karakteristik wirausaha
sebagai pribadinya
1. Mencari peluang
2. Keuletan
3. Tanggungjawab terhadap pekerjaan
4. Tuntutan atas kualitas dan efisiensi
5. Pengambilan resiko
6. Menetapkan sasaran
7. Mencari informasi
8. Perencanaan yang sistematis dan pengawasannya
9. Persuasi dan jejaring/koneksi
10. Percaya diri
- Kondisi wirausaha
dimasyarakat
Kondisi
wirausaha sendiri di dalam masyarakat sangat positif karena dapat membantu meningkatkan
pemasukan dan mengurangi pengangguran itu sendiri sehingga dapat menciptakan lowongan pekerjaan yang
baru.
- Konsep pengembangan
kewirausahaan di indonesia dan mancanegara beserta contohnya
Kewirausahan
adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang
sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan
merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya,
bercipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha dalam rangka meningkatkan
pendapatan dalam kegiatan usahanya.
Konsep
pengembangan kewirausahaan di indonesia sampai saat ini masih terus berkembang karena masih kurangnya tenaga-tenaga
ahli yang berhubungan dengan konsep pengembangan.
Dan
konsep pengembangan kewirausahaan di mancanegara sudah lebih maju terlihat dari
begitu banyak perusahaan asing yang mengusai pasar-pasar di indonesia contoh
seperti jepang yang begitu banyak saham di indonesia seperti honda,yamaha dan
suzuki dari situ kita dapat melihat bahwa konsep pengembangan di mancanegara
lebih maju.
Contoh Wirausaha di Mancanegara
Restoran ini didirikan oleh dua bersaudara Dick dan Mac
McDonald tahun 1940, namun kemudian dibeli Ray Kroc dan diperluas ke seluruh
dunia dengan sistemfranchise / waralaba. Inilah awal kisah sukses Ray Kroc sebagai
pendiri franchise McDonald’s. Ray Kroc lahir pada tanggal 5 Oktober 1902
di Oak Park, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, dengan nama asli Raymond
Albert Kroc.
Dia
mengorbankan sekolahnya agar bisa ikut dalam Perang Dunia II (1941 –
1045). Ketika umurnya masih 15 tahun, Kroc terdaftar sebagai sopir ambulans untuk Palang Merah. Usai Perang Dunia II, Kroc
kembali bekerja di sebuah perusahaan sebagai salesman gelas kertas yang masih
merupakan barang baru waktu itu.
Kroc
pun terbang ke California. Di sana, dia melihat restoran milik McDonald
bersaudara ini berhasil mengadopsi sistem lini perakitan untuk membuat burger
dan sandwich. Namun Dick dan Mac McDonald tidak memiliki keinginan untuk
mengembangkannya lebih jauh. Ray Kroc mengusulkan agar McDonald’s mengembangkan
sistem waralaba atau franchise. Ada dua istilah yang biasa digunakan dalam
sistem ini, yaitu franchisor (pemberi waralaba) atau pemilik resmi
hak atas kekayaan intelektual, atau temuan khas seperti resep, jenis, dan
bentuk produk McDonald’s. Istilah kedua adalah franchisee (penerima waralaba) atau dapat juga
disebut terwaralaba. Di sinilah Ray Kroc mengajukan diri
menjadi terwaralaba bagi McDonald. Usulan ini disetujui Dick dan Mac
McDonald’s.
Tahun 1961, Kroc
berhasil membeli saham McDonald’s Corporation seharga 2,7 juta dolar dari
McDonald bersaudara. Untuk meningkatkan
profit perusahaan, Kroc mendirikan Franchise Reality Corporation yang punya
tugas khusus: membeli tanah dan menjualnya ke franchisee McDonald’s melalui
sistem kredit. Inilah salah satu alasan mengapa dalam waktu singkat bisnis
waralaba McDonald’s bisa menggurita di AS. Akhir 1961, Ray Kroc merekrut
franchisee secara besar-besaran. Strateginya sangat berhasil. Profit perusahaan
meningkat pesat. Tingginya nilai pendapatan yang diperoleh McDonald’s
mengakibatkan harga saham perusahaan ini melambung tinggi bursa saham. McDonald’s dalam waktu singkat
mampu meraup dana segar dalam jumlah besar. Modal ini dipakai untuk membiaya
promosi produk besar-besaran, sekaligus mengenalkan maskot perusahaan: Ronald
McDonald’s. Sejak itulah McDonald’s terus melakukan
ekspansi, termasuk ke berbagai negara tidak terkecuali di Indonesia
Contoh Wirausaha di Indonesia
Bisnis makanan memang selalu menarik untuk dibahas. Nah untuk kali ini kita
akan membahas makanan khas INDONESIA yang sampai saat ini masih nemenin kita
saat makan, yaitu.... REMPEYEK! Yaps ibu Kustinah seorang wanita berusia 37
tahun yang sudah mendapat gelar milyader. Siapa sangka kini omzetnya mencapai
300 juta per bulan, waw!
Awalnya ibu Kustinah hanya seorang ibu rumah tangga
yang berniat membantu kebutuhan keluarga dengan menjadi penggoreng rempeyek di
salah satu pabrik rempeyek di kampung Pulomadu. Kemudian ibu Kustinah mencoba
membuat di rumah dan dijual ke tetangga, daaaan komentar mereka positif. Oke
pada akhirnya ibu Kustinah memutuskan buka usaha rempeyek sendiri. Saat ini
beliau mampu menjual 5000 bungkus per hari dan pemasarannya sudah sampai ke
Bantul, Yogyakarta, Jakarta dan Bekasi. Ada 3 jenis rempeyek yang diproduksi
ibu Kustinah, yaitu rempeyek kacang tanah, rempeyek kedelai hitam dan rempeyek
kedelai putih. Untuk memenuhi permintaan pasar yang begitu besar, ibu Kustinah
dibantu 35 karyawan + tetangga dan 10 tungku penggorengan besar. Dari
kisah ini bisa kita simpulkan bahwa usaha apapun akan berhasil jika kita
pantang menyerah, kerja keras dan selalu berdoa.
Sumber:
http://nugraha0215.blogspot.co.id/2012/02/konsep-dan-karakteristik-kewirausahaan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar